Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Agribisnis Sayuran Ramah Lingkungan

Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT-2015) dengan judul: Kajian Ekonomi dan Rancang Bangun Model Pengembangan Agribisnis Sayuran Ramah lingkungan di Kab. Enrekang, dengan tim peneliti : Ir. Darwis Ali MS.; Prof. Dr. Ir. Didi Rukmana, MS.; Ir. Anwar Sulili, MSi.; dan Ir. Idris Summase, MSi. telah dilaksanakan di Kec. Masalle dan Kec. Anggeraja. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. H. Sudirman, MPi menekankan agar tim peneliti  menjaga  kualitas yang tinggi da-lam pencapai tujuan penelitian dan dilakukan pula desiminasi hasil penelitian agar dapat di-tindaklanjuti minimal oleh pemda Kabupaten Enrekang.
 
Penelitian ini mencakup 3 jenis komoditas sayuran yang diamati yaitu kol/kubis, tomat, dan bawang merah. Untuk komoditas kol/kubis dan tomat sentra produksinya di Kec. Massale, dan bawang merah di Kec. Anggeraja. Hasil sementara penelitian ini bahwa penggunaan pupuk organik dan biopestisida di tingkat petani masih relatif rendah, perlu suatu terobosan bimbingan teknis dan kesadaran petani dalam budidaya sayuran di Kab.Enrekang. Selain itu, konsumen yang ada dalam sistem agribisnis sayuran dari Kab. Enrekang belum maksimal menuntut produk-produk ramah ling-kungan Penelitian ini masih dilanjutkan hingga bulan Nopember 2015.

Kamis, 1 Oktober 2015 | 02:00|
X