Materi Sosialisasi Skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal Unhas dan Laporan Keuangan LP2M Unhas Rabu, 7 November 2018 sudah dapat diunduh di DOWNLOAD DOKUMEN !!!

Audiensi Pengabdian ITM di Kabupaten Sidrap

Rombongan LP2M Universitas Hasanuddin melakukan kunjungan ke Kabupaten Sidrap dalam rangka menjajaki dan menggali informasi terkait potensi atau permasalahan dari setiap SKPD terkait dengan akan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Ipteks Terpadu Multidisiplin (PM-ITM) dalam rangka Dies Natalis Universitas Hasanuddin.Kegiatan ini pada tahun sebelumnya di laksanakan di Kabupaten Jeneponto pada tahun ini Kabupaten Sidrap yang mendapat giliran untuk menjadi obyek kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun rombongan tersebut terdiri dari 8 (delapan) Professor yaitu Natsir Nessa, Ambo Ala, Tahir Kasnawi, Aminuddin Salle, Abu Bakar, Gagaring Pagalung, Sudirman dan Armin, Kabag Tata Usaha Dra. Nur Azza dan bendahara Adywaty Mashud.
 
Ketua tim riset LP2M UNHAS, Natsir Nessa mengatakan, maksud kunjungannya ke Sidrap itu untuk menggali informasi dan masukan dari SKPD Sidrap, terkait potensi ataupun permasalahan di Kabupaten Sidrap yang bisa menjadi objek penelitian LPPM. “Nantinya masukan itu akan dirumuskan, selanjutnya Unhas akan mengirim para dosen melakukan riset pada objek yang kira-kira dianggap cocok untuk kegiatan LPPM,” ujar Nasir Nessa. Ketua LP2M UNHAS, Sudirman mengatakan menjadi fungsi LPPM mempertemukan masyarakat yang membutuhkan teknologi dengan para ahli yang berkompeten untuk teknologi tsb. “Dalam hal ini, masyarakat dipertemukan dengan para akademisi. Dengan demikian keberadaan universitas semakin menyatu dengan masyarakat,” katanya.
 
Wakil Bupati Sidrap, Dollah Mando menyambut positif kunjungan tim LP2M UNHAS tersebut “Ini kesempatan yang sangat baik mendapat pendampingan dari pihak Universitas Hasanuddin yang sudah punya nama sampai ke luar negeri,” pujinya. Untuk itu, Dollah meminta SKPD memberi masukan dan berharap masukan-masukan tersebut bisa diakomodir oleh LP2M “Mudah-mudahan semua diakomodir, tapi kalau ada yang tidak sempat jangan berkecil hati,” ujarnya. Sejumlah masukkan dari SKPD mencuat dalam pertemuan tersebut. Secara umum meminta transfer teknologi dan pendampingan berbagai komoditi seperti pengembangan batu merah, pemanfaatan enceng gondok, jerami, penanganan ikan sapu-sapu (ikan tokek), pemanfaatan danau, petik olah jual kakao, pemberdayaan pandai besi sampai teknologi biogas.
 
Masih banyak masukan yang ingin disampaikan SKPD Sidrap, karenanya LP2M Unhas meminta masukan itu dibuat dalam bentuk tertulis dan dikirim ke LPPM. Format telah diberikan ke Bappeda Sidrap. “Format ini akan diperbanyak dan segera Kami bagikan ke SKPD,” ujar Sekretaris Bappeda Sidrap, Haris Alimin. (Sumber ; Fajar & Tribun Timur).

Jumat, 1 April 2016 | 06:08|
X