Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Diseminasi PUSNAS

Peneliti dari LP2M Unhas yang tergabung dalam Tim Penelitian Unggulan Strategis Nasional (PUSNAS) 2014-2016, Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali dan Prof. Dr. Veni Hadju Ph.D telah memaparkan potensi ikan gabus sebagai makanan kesehatan dan memperkenalkan produk-produk hasil penelitian PUSNAS pada masyarakat di salah satu daerah penghasil ikan gabus yaitu di Gorontalo pada tanggal 13-16 Juni 2014. Kegiatan yang bertujuan untuk membangun karakter masyarakat yang menghargai dan mencintai produk lokal ini, dilakukan selain pada Pertemuan Perhimpunan Dokter Herbal Medik (PDHMI) juga di depan civitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Gorontalo serta di depan civitas akademika Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan dan Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan Universitas Negeri Gorontalo.
 
Penelitian pemanfaatan ikan gabus sebagai makanan kesehatan telah dilakukan oleh kelompok peneliti dari berbabagai disiplin ilmu di Unhas sejak 2005 dengan roadmap penelitian mulai dari penelitian dasar bersifat eksploratif, penelitian pengembangan produk dan penelitian pemanfaatan/ terapan. Saat ini (tahun 2014) penelitian memasuki tahap standarisasi/ diversifikasi produk dan pengembangan usaha yang berkarakter lokal melalui hibah penelitian Unggulan Strategis Nasional (PUSNAS) yang melibatkan 4 mahasiswa S1, 3 mhs S2 dan satu S3. Secara akademik rangkaian penelitian telah menghasilkan lulusan S1 dan S2, beberapa publikasi, paten, prototype produk dan teknologi tepat guna. Sementara dari aspek sosial ekonomi telah berdampak pada pengembangan usaha dan pemanfaatan produk di masyarakat. Kegiatan diseminasi di Gorontalo selain memperkenalkan produk hasil penelitian juga sebagai bentuk pertanggungjawaban publik salah satu penelitian yang dilaksanakan oleh LP2M Unhas.

Kamis, 24 Juli 2014 | 19:39|
X