Materi Sosialisasi Skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal Unhas dan Laporan Keuangan LP2M Unhas Rabu, 7 November 2018 sudah dapat diunduh di DOWNLOAD DOKUMEN !!!

FGD Penelitian RAPID

Untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan produksi jagung di Provinsi Sulawesi Selatan, ditetapkan sasaran pada program produksi jagung 1,6 juta ton per tahun; pencapaian sasaran tersebut di tentukan oleh tingkat penerapan teknologi yang di lapangan antara lain penggunaan benih unggul bermutu. Sehubungan hal tersebut dilaksanakan penelitian dalam skim : Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID) 2014 dengan judul: Pengembangan dan Penyebaran Benih Jagung Berendofit Beauveria bassiana Untuk Mengendalikan Penggerek Batang (Ostrinia furna- calis), oleh tim peneliti : Prof. Dr. Ir. Itji Diana Daud, MS., Prof. Dr. Ir. Elkawakib Syam’un.,MS, Dr.Ir. Syat- riyanti A. Syaiful, MS, dan Darwis Ali ; di bawah kordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian ini telah memasuki tahap ke II di- mana akan dilakukan penanaman F1 benih jagung berendofit pada tingkat petani. Untuk maksud tersebut di atas, dilakukan diskusi kelompok (Focus Group Discussion, FGD) kepada stakeholder di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone pada tgl. 9 oktober 2014 bertempat di Kantor Camat Bengo, jalan poros Bone Makassar, yaitu untuk sosialisasi program dan kegiatan lapangan, sekaligus membagikan benih jagung F1 yang berendofit secara gratis kepada beberapa Kepala Desa se Kecamatan Bengo yang dilakukan secara terpisah oleh Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Wilayah BOSOWA Prop. Sulawesi Selatan, Hasan Basri, agar lebih melembaga, untuk ditanam di desanya..Turut hadir dalam acara FGD tersebut adalah Camat Bengo, Andi Rahmatullah, Kapolsek Bengo, Komandan Ramil (Kodim 1407) Bengo, dan Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Prop. Sulawesi Selatan, Wilayah Kab. Bone, Soppeng, dan Wajo.
 
Mitra kerja penelitian ini adalah : CV. Harmoni Incorporation (Direktur : Budi Susanto, MM) yang beralamat di Griya Maros Indah, Blok D.13/6, Kab. Maros. Pada kesempatan lain, Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan Prop. Sulawesi Selatan, di Desa Bengo Kab. Bone, Hasan Basri, dan Ketua Tim Peneliti : Prof. Itji Diana Daud meninjau persiapan lahan dalam lingkungan kantor tersebut yang akan menanam Demplot Benih Jagung Komposit Varietas Arjuna. Juga petani Ware di Desa Liliriawang, Kec. Bengo Kab. Bone, menyiapkan lahan sawah untuk pertanaman benih jagung komposit varietas Lamuru, Lagaligo, dan Gumarang, akan ditanam pada akhir Oktober 2014 saat hujan mulai turun ; pertanaman akan dilaku- kan pada satu hamparan lahan se- hingga jadual pertanaman jagung akan berselang 3 minggu per varietas untuk menjaga kemurnian benih melalui pem- batasan penyerbukan silang.
 
Demikian pula, pada gambar terakhir menunjukkan kegiatan peninjauan persiapan lahan perta-naman benih jagung varietas yang sama di Dusun Elle Limpo, Desa Kulo, Kecamatan Kulo Kab,Sidrap; pada kesempatan ini tim peneliti (Prof. Itji D. Daud, dan Darwis Ali) diantar langsung oleh Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Prop. Sulawesi Selatan, Wilayah Kab. Sidrap dan Kab.Pinrang, Ir. H. Ruslan, dan PPK Damis, SP. Berbeda dengan kondisi di Kab. Bone, di Desa Kulo Kab.Sidrap ini didapat lahan yang terpencar lebih 300 meter antar letak lahan, sehingga jadual pertanaman jagung bisa dilakukan serentak karena penyerbukan silang dapat terkendali dengan jarak minimal
300 meter tersebut.

Rabu, 15 Oktober 2014 | 19:51|
X