Materi Sosialisasi Skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal Unhas dan Laporan Keuangan LP2M Unhas Rabu, 7 November 2018 sudah dapat diunduh di DOWNLOAD DOKUMEN !!!

Kunjungan ke Lokasi Penelitian

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin, Prof. DR. Ir. H. Sudirman, MPi meninjau langsung pertanaman penelitian benih jagung berendofit pada tanggal 13 Agustus 2014 yang berlokasi di Desa Moncong Loe Kecamatan Moncong Loe, Kabupaten Maros, sebelum pertanaman jagung tersebut dipanen. Penelitian tersebut masuk dalam skim Penelitian RAPID Tahun 2014 dengan judul : “Pengembangan dan Penyebaran Benih Jagung Berendofit Beauveria bassiana Untuk Mengendalikan Penggerak Batang (Ostrinia furnacalis) “ yang timnya terdiri atas : Ketua, Prof. DR. Ir. Itji Diana Daud, dan Anggota : Prof. DR. Ir. Elkawakib Syam’un, DR. Ir. Syatrianti A. Syaiful, MS, dan Ir. Darwis Ali, MS.
 
Pada kesempatan ini, Ketua LP2M Unhas merasa puas atas kekompakan dan kesungguhan tim bekerja di lapangan sehingga tujuan penelitian memproduksi benih jagung berendofit, berhasil, dan kerjasama mitra : CV.Harmoni Incorporation. Direktur : Budi Susanto, ST., MM. untuk distribusi benih tersebut kepada petani Provinsi Sulawesi Selatan berpeluang lebih besar untuk mencapai keberhasilan. Penelitian sebelumnya : Endofitisme cendawan B. bassiana: Studi hubungan perlakuan benih dan mortalitas O. furnacalis pada tanaman jagung, (Daud, et al., 2000). Hasilnya menunjukan Mortalitas serangga uji sebanyak 40 – 64 % karena dilakukan di lahan tanaman jagung.
 
Penelitian lainnya adalah ”Pengaruh Biji Jagung Mengandung B. bassiana Vuill. Yang Dijadikan Pakan Terhadap Efisiensi Pencernaan Ayam Kampung, (Daud, 2002).” Hasilnya menunjukan endofit pada biji jagung tidak berpengaruh negatif terhadap pencernaan ayam kampung yang diuji.

Kamis, 14 Agustus 2014 | 03:46|
X