Materi Sosialisasi Skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal Unhas dan Laporan Keuangan LP2M Unhas Rabu, 7 November 2018 sudah dapat diunduh di DOWNLOAD DOKUMEN !!!

Kunjungan Lapangan IbM Pembudidayaan Ikan Di Tanjung Merdeka

Pada hari Ahad, 30 Agustus 2015 yang lalu telah direalisasikan beberapa tahapan Program IbM bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (Budayan) di Tanjung Merdeka, Makassar, tepatnya di Jl Gontang Raya di sempadan muara Sungai Jeneberang, Makassar. Program yang dibiayai oleh BOPTN UNHAS Tahun 2015 ini berlangsung meriah. Salah satu peserta menyatakan bahwa kegiatan seperti ini berlangsung sekali dalam 10 Tahun di tempat ini. Hal inilah menjadi salah satu alasan sehingga mitra (peserta) bersemangat untuk berpartisipasi. Hal yang menjadikan mitra lebih bersemangat adalah kehadiran Ketua LP2M, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Sudirman, MP. menyampaikan sepatah kata dan membuka acara tersebut. Pada sambutan bapak Ketua LP2M, selain menjelaskan tentang tridarma perguruan tinggi juga memberikan apresiasi atas semangat mitra mengikuti program IbM ini, beliau menawarkan agar ada program yang semacam ini di lokasi tersebut pada tahun depan.
 
Selanjutnya, yang lebih menarik adalah materi program IbM dibawakan oleh Ketua Tim IbM, Ir. Edison Saade, MSc.Ph.D. yaitu pembuatan pakan buatan (pakan gel dan pakan flake) bagi ikan tanpa mesin pellet. Pakan gel (berupa pakan basah) yang dibuat dengan pemasakan dan pakan flake (berupa lembaran kering) yang dibuat dengan pengeringan lebih praktis dan efisien dibanding dengan pakan pellet. Hal ini akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mitra. Selain materi tersebut, topik lain program IbM ini adalah cara budidaya ikan yang baik (CBIB) sesuai dengan Kepmen KP-RI Nomor Kep.02/Men/2007 yang menekankan pada biosecurity dalam memproduksi ikan di Keramba Jaring Apung (KJA) di sungai. Pada CBIB diharapkan dalam proses budidaya ikan aman baik bagi lingkungan akuakultur maupun bagi produknya dan manusia yang akan mengkonsumsinya.
 
Anggota dalam Program IbM ini adalah Prof. Dr. Ir. Alexander Rantetondok, M.Fish., Prof. Dr. Ir. Haryati, MS., Dr. Ir. Elmi Zainuddin, MSc., Dr. Ir. Dody Darmawan Trijuno, M.App.Sc., Dr. Ir. H. Zainuddin, MS., Dr. Ir. Citra M. MSc., dan Ir. Rustam, MSi.

Minggu, 30 Agustus 2015 | 18:06|
X