Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Kunjungan Lapangan Penelitian PUSNAS 2015

Dalam rangka mendukung pembangunan perikanan berkelanjutan, tim peneliti yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Yushinta Fujaya, M.Si melakukan serangkaian penelitian berjudul: PENGEMBANGAN INDUK UNGGUL TERDOMESTIKASI SERTA PENGALIHAN TEKNOLOGI PRODUKSI KEPADA PELAKU INDUSTRI GUNA MENGATASI KELANGKAAN BAHAN BAKU EKSPOR DAN PELESTARIAN SUMBERDAYA RAJUNGAN yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui skim Penelitian Unggulan Strategis Nasional (PUSNAS) sejak tahun 2013-2015.
 
Induk domestikasi yang telah dihasilkan tim peneliti ini hingga tahun 2015 telah mencapai generasi ke-4 dengan performa pertumbuhan dan keseragaman ukuran yang semakin membaik. Pada tanggal 29 Agustus 2015, telah dilakukan panen rajungan hasil pembenihan. Sintasan mencapai 65% dengan ukuran rata-rata lebar karapas ± 104 mm dan bobot ± 80 gram setelah 100 hari pemeliharaan. Ukuran ini telah melampaui persyaratan ukuran rajungan yang dapat diperdagangkan berdasarkan PERMEN KP no.1 tahun 2015 yaitu >55 gram.
 
Ketua LPPM UNHAS juga berkunjung ke backyard hatchery tempat rajungan tersebut dibenihkan. Prof. Yushinta Fujaya menjelaskan, bahwa induk rajungan hasil domestikasi menghasilkan benih rajungan yang lebih seragam dengan laju perkembangan yang lebih cepat dan sintasan yang lebih tinggi.

Sabtu, 29 Agustus 2015 | 00:49|
X