Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Monev Ristek dan DP2M Dikti

Pelaksanaan Monev eksternal kali ini bersamaan yaitu monev penelitian Ristek dan monev pengabdian masyarakat DP2M Dikti yang dilaksanakan di Gedung LP2M UNHAS dan dibuka oleh Ketua LP2M Prof.Dr.Ir.H.Sudirman,M.Pi, kegiatan ini dihadiri oleh beberapa peneliti diantaranya Prof.Dr.Ir.Abubakar Tawali, Prof.Dr.Ir.Baharuddin, Prof.Dr.dr.Nurpudji A. Taslim dan Reviewer eksternal dihadiri oleh Prof. Gemini Alam., Monitoring dan Evaluasi adalah suatu proses pemantauan dan penilaian kemajuan serta keberhasilan suatu kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
 
Proses ini mencakup perumusan dan pengembangan sistem, pelaksanaan pemantauan kegiatan dan pengumpulan data, evaluasi, serta pelaporan kemajuan program penelitian. Monev oleh Tim Ristek dihadiri oleh Putut Irwan (LIPI)., Anwar Darwadi (RISTEK)., dan Bambang Priwanto (RISTEK)., sedangkan untuk kegiatan Monev Pengabdian Masyarakat Reviewer dari DP2M Dikti yaitu Drs. Darsono Sigit, M.Pd dan Ir. Putu Suwardike, MP.
 
Kegiatan monev merupakan salah satu poin penting yang dilaksanakan pada waktu tertentu di dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian Masyarakat di LP2M UNHAS. Aspek-nya meliputi keseluruhan kegiatan mulai dari proses, hasil bahkan sampai pemanfaatan hasil. Monev berguna untuk mengetahui kemajuan (progress) dan capaian kinerja (output, manfaat dan dampak) bagi masyarakat.
 
Kegiatan monev pada intinya merupakan bagian dari pembinaan untuk meningkatkan kinerja, kemandirian pelaksanaan kegiatan dan akuntabilitas kegiatan. Hasil monev ini diperlukan untuk mempertajam serta meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan penelitian dan pengbadian masyarakat pada tahun – tahun mendatang.

Senin, 12 November 2012 | 18:36|
X