Pemberitahuan Revisi Proposal dan RAB Dikti Tahun 2019 dapat dilihat di SURAT PENGUMUMAN!

Pelatihan Penulisan Proposal

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan LP2M Universitas Hasanuddin secara resmi ditutup oleh Ketua LP2M, Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.Pi., tepat pukul 17.15 Wita pada hari Selasa, 11 Desember 2012. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 10 Desember 2012 dihadiri sekitar 85 peserta dari masing-masing Prodi/Bagian/Jurusan dalam lingkup Universitas Hasanuddin. Materi yang disajikan secara umum dibagi menjadi 2, yakni SKIM PENELITIAN dan SKIM PENGABDIAN MASYARAKAT.
 
SKIM PENELITIAN meliputi Penelitian Strategis Nasional MP3I (Prof. Dr. Salengke), Hibah Kompetensi (Dr. Ir. Dpl. Ing- Nur Amin), Hibah Stranas dan Hibah Kompetitif Unggulan (Prof. Dr. Ir. Baharuddin), Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (Dr. Sitti Nurani Sirajuddin, S.Pt., M.Si.), Hibah Unggulan Universitas (Prof. Dr. Pawennari Hijang, M.A.), Penelitian RAPID (Prof. Dr. Yushinta Fujaya, M.S.), Bantuan Penelitian Kegiatan Internasional (Dr. Tuti Bahfiarti, M.Si.). Kemudian SKIM PENGABDIAN MASYARAKAT terdiri atas Pengabdian bagi Masyarakat Kerjasama Antar Lembaga (Drs. Abbas, M.Hum.), IPTEK bagi Masyarakat dan IPTEK bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus (Drs. Muhammad Hasbi, M.Sc.), IPTEK bagi Produk Ekspor dan IPTEK bagi Kewirausahaan (Prof. Dr. Ir. Laily Agustina, M.S.), IPTEK bagi Wilayah (Dr.Ir. Asmi Citra Malina,M.Agr).
 
Kegiatan pelatihan ini yang diketuai oleh Prof. Dr. Alimuddin Unde, M.Si., antara lain bertujuan:

  1. Mendapatkan proposal yang standar dan layak didanai pada berbagai program penelitian, yakni DP2M Ditjen Dikti, DIPA Unhas, dan berbagai lembaga mitra baik pemerintah maupun swasta.
  2. Meningkatkan partisipasi para dosen Universitas Hasanuddin dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan para dosen untuk menghasilkan output penelitian yang berkualitas tinggi menurut Standar Nasional maupun Internasional.
  4. Membangun atmosfer riset yang baik dan budaya riset yang kokoh, berkelanjutan dan berkualitas sebagai landasan utama dalam menjalankan universitas berbasis riset.
  5. Terjadinya sinergi antara hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung pengembangan ilmu dan kebijakan, untuk diimplementasikan dalam rangka mendorong tercapainya peningkatan derajat hidup manusia.

Output yang diharapkan dari kegiatan pelatihan ini adalah mendapatkan proposal yang standar dan layak didanai pada berbagai program penelitian, yakni DP2M Ditjen Dikti, DIPA Unhas, dan berbagai lembaga mitra baik pemerintah maupun swasta.

Kamis, 20 Desember 2012 | 18:02|
X