Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD-RPJMD)

Pada dasarnya, terdapat tiga aspek penting di dalam manajemen pembangunan nasional, yaitu sisi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga aspek ini saling mendukung satu sama lainnya. Pada sisi perencanaan, perkuatan perlu dilakukan dari sisi proses penyusunan perencanaan, kapasitas kelembagaan, serta ketersediaan dan kapasitas data dan statistik. Dari sisi proses perencanaan, untuk mewujudkan rencana pembangunan nasional yang baik, maka perlu adanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antardaerah, antarruang, antarwaktu, antarfungsi pemerintah, serta antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
 
Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut diatas, maka perlu upaya untuk peningkatan kapasitas SDM, khususnya SDM perencana di tingkat pusat dan di tingkat daerah. Salah satu strateginya adalah dengan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penyusunan Dokumen Perencanaan. Perwakilan Pusbindiklatren Bappenas Drs. Edy Purwanto, MA. dan Kepala Bappeda Kabupaten Pangkep yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Bappeda dalam sambutannya mengatakan bahwa Pendidikan dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas staf pemerintah daerah dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
 
Dalam sambutannya Rektor Unhas yang diwakili oleh Ketua LP2M Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.Pi mengatakan bahwa Meningkatkan pengertian dan pemahaman peserta tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah, Meningkatkan pengertian dan pemahaman peserta tentang proses penyusunan RPJMN dan RPJMD, Agar peserta mampu menyusun RPJMD dan Renstra SKPD, Agar peserta mampu mengevaluasi RPJMD dan Renstra SKPD, Agar dapat mensinergikan/mengintegrasikan/mensinkronisasikan perencanaan daerah dengan perencanaan pusat (RPJMD dengan RPJMN). Adapun luaran (Output) yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta terlatih dan mampu menyusun kerangka rancangan RPJMD dan Renstra SKPD.

Selasa, 26 Mei 2015 | 03:01|
X