Pemberitahuan Revisi Proposal dan RAB Dikti Tahun 2019 dapat dilihat di SURAT PENGUMUMAN!

Penandatangan Kontrak IPTEKDA LIPI

IPTEKDALIPI melaksanakan penandatanganan kontrak di Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (LP2M Unhas) tepatnya di Ruang kemandirian Lokal hari ini (09/2) pukul 09:00 wita. Rapat dihadiri langsung oleh Wakil Kepala IPTEKDALIPI Dr. Djusman Sadjuti, Sekretaris Utama IPTEKDALIPI Dr. Akmadi Abbas, Korwil Sulsel Drs. Darwin, M.Sc Inspektorat Dr. Pontus Sinaga, Ketua LP2M UNHAS, Prof. Dr. Ir. Sudirman MPi, dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Syamsuddin Hasan serta para peneliti dari berbagai Universitas se Indonesia Timur.
 
Dalam sambutan Ketua LP2M UNHAS Prof. Dr. Ir. Sudirman MPi, menyampaiakn rapat penandatangan kontrak yang dilaksanakan pada hari ini berbeda dengan rapat-rapat sebelumnya yang mana kegiatannya dilaksanakan di hotel, untuk kali ini beliau menginginkan kegiatan yang semacam ini diadakan di dalam kampus agar nuansa akademik tetap ada karena penelitian yang dilaksanakan ini tdk terlepas dari nuansa akademik atau bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.
 
Ia menjelaskan bahwa tahun ini, Universitas Hasanuddin menganggarkan dana sebanyak 20 milyar lebih untuk penelitian berbasis prodi meliputi : kompetisi internal, Penelitian kompetennsi laboratorium, Penelitian post doctoral, dan Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat.
 
Dr. Djusman Sadjuti menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 pasal 31 butir f.jo Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012 kegiatan IPTEKDALIPI 2013 pencairan dana dilaksanakan dalam 3 (tiga) termin: 40% Termin I: apabila sudah memenuhi syarat yang ditentukan 30% Termin II: Lembaga pelaksana telah menyerahkan Laporan kemajuan Pelaksanaan Kegiatan dan 30% Termin Akhir : Lembaga pelaksana telah menyerahkan Laporan Akhir Pelaksanaan Kegiatan. Mengingat sistem penganggaran dan pencairan dana yang semakin ketat perlu diperhatikan dokumen yang diberikan seperti nomor rekening, NPWP, dan penanggungjawab lapangan tidak berubah-ubah untuk menghindari permasalahan dalam pelaksanaan pencairan dana.
 
Dr. Akmadi Abbas, Menjelaskan bahwa untuk mempermudah proposal kegiatan yang diterima harus mencakup 4 Hal yaitu :

  1. Kegiatan bersifat produksi atau jasa
  2. UMKM yang diusulkan memiliki prospek menjadi usaha yang berkelanjutan/dapat bersaing di pasar
  3. Terkait dengan kompetensi/bidang tugas lembaga pelaksana maupun koordinator lapangan
  4. Dapat meningkatkan nilai tambah produk unggulan/spesifik daerah.

 
Drs. Darwin, M.Sc, dalam penyampainnya lebih fokus menjelaskan tentang laporan bahwa Sesuai dengan tahapan pencairan dana kegiatan IPTEKDALIPI tahun 2013 sebagaimana disebutkan dalam Kebjakan Khusus, laporan pelaksanaan kegiatan IPTEKDALIPI Tahun 2013 disusun menjadi 3 (tiga) tahap pelaporan, sebagai berikut:

  1. Laporan Kemajuan Tahap I melaporkan pelaksanaan pekerjaan secara teknis dan administratif yang telah dilakukan sejak tanggal ditandatangani ”Surat Perjanjian Kerjasama” sampai dengan tanggal 31 Mei 2013, laporan disampaikan selambat-lambatnya tanggal Jumat tanggal 7 Juni 2013.
  2. Laporan Kemajuan Tahap II melaporkan pelaksanaan pekerjaan teknis dan pekerjaan administrasi yang telah dilakukan sejak tanggal 1 Juni 2013 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2013 , laporan disampaikan selambat-lambatnya tanggal Jumat tanggal 7 September 2013.
  3. Laporan Tahap Akhir melaporkan pelaksanaan pekerjaan teknis dan pekerjaan administrasi secara keseluruhan disampaikan selambat-lambatnya tanggal 6 Desember 2013. dan Laporan Pelaksanaan Kegiatan IPTEKDALIPI 2013 untuk setiap tahap dibuat dalam 3 (tiga) eksemplar.

 
Sesi terakhir oleh Dr. Pontus Sinaga, menjelaskan bahwa Pengawasan merupakan fungsi dasar manajemen untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan kebijakan dilaksanakan dengan proses yang baik, memenuhi standar norma hukum, dan mencapai hasil yang ditetapkan, Pengawasan meliputi fungsi monitoring, supervisi, pengendalian dan evaluasi. Kalo selama ini pengawasan itu hanya focus pada pengawasan keuangan maka kali ini akan lebih diperketat lagi dengan pengawasan kinerja dan pelayanan, pengawasan integritas dan etika serta pendorong reformasi birokrasi. Dan acara berakhir pukul 12.10 dengan makan siang bersama.

Sabtu, 9 Februari 2013 | 18:02|
X