Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Pengembangan Produk Tomat Berbasis Usaha Koperasi

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan bagi petani penerima manfaat pada sentra produksi tomat di Kab. Enrekang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin pada tanggal 15 Agustus 2015 di Desa Tongko Kecamatan Baroko, dikenal sebagai Kawasan Masalle, oleh tim dari Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, diketuai oleh Ir. Darwis Ali, MS. Ketua LP2M Unhas Prof. DR. Ir. H. Sudirman, MPi menekankan pelaksanaan pengabdian ini tidak hanya berhenti pada pelaksanaan pela-tihan dan aksi pengolahan pro-duksi tomat tetapi tidak kalah pentingnya adalah keberlanjutan kegiatan dalam masyarakat agar produksi tomat dapat diman-faatkan secara maksimal dan pada gilirannya pendapatan dan kese-jahteraan masyarakat meningkat.
 
Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan aksi pengolahan produk tomat ini karena selain produk tomat yang melimpah dan terkadang mengalami kerusakan tanpa dimanfaatkan, juga nilai tambah yang diperoleh masyarakat dapat meningkat 10 kali lipat dari harga tomat glondongan; diharapkan produk ini dikembangkan melalui lembaga Koperasi yang dikelola oleh ma-syarakat lokal agar petani lebih fokus pada produksi tomat. Ketua KTNA Kabupaten Enrekang Drs. Tahang yang membantu mem-fasilitasi kegiatan pengabdian dari tim LP2M Unhas ini, berjanji akan melanjutkan kegiatan pengolahan tomat pada tingkat kelompok tani yang lebih luas.
 
Tim juga telah melakukan kordinasi dengan Kantor Dinas Koperasi & UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Enrekang untuk merealisasikan produk olahan tomat secara massal agar produk ini yang berupa saus tomat dapat memasuki pasar sebagai cendramata khas Kab. Enrekang. Produk yang dihasilkan dari aksi pengabdian ini adalah kemasan saus tomat tanpa pengawet, kandungan tomat 80 %, menggunakan botol kaca warna putih ukuran 250 ml; Untuk memasuki pasar lokal, regional Sulawesi Selatan dan perdagangan antar pula, produk ini perlu memiliki hasil uji laboratorium BPOM mengenai jaminan kandungan produk; selain itu, juga dibutuhkan ijin usaha dan distribusi dari Kantor Dinas Koperasi & UMKM, Perdagangan dan Perin-dustrian Kab. Enrekang , Tim pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini : Ir. Darwis Ali, MS.; Prof. DR. Ir. Didi Rukmana, MS.; DR. Ir. Rindam Latief, MS.; DR. Ir. Rahmadani, MSi.; DR. Nixia A.Tenriawaru, SP., MSi.; Ir. Anwar Sulili, MSi ; Ir. Idris Summase, MSi.; dan DR. Ir. Akhsan, MS.

Kamis, 1 Oktober 2015 | 01:58|
X