Pemberitahuan Revisi Proposal dan RAB Dikti Tahun 2019 dapat dilihat di SURAT PENGUMUMAN!

Penulisan Artikel

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Kerjasama dengan Direktorat Penelitian dan pengabdian Masyarakat (DP2M) menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel ilmiah nasional. Pelatihan yang diselenggarakan di hotel Mercure Makassar ini berlangsung selama 4 hari, mulai dari 25 hingga 28 nopember 2010. Peserta pelatihan dikhususkan bagi dosen-dosen yang berasal dari Universitas atau Sekolah Tinggi wilayah Indonesia Timur. Menurut Ketua Panitia, peserta berasal dari 24 sekolah tinggi dan universitas. “Sekitar 55 orang yang mengikuti kegiatan ini, tapi mungkin kendala transportasi jadi baru sekitar 80% yang hadir,” papar prof Dr Ir H Sudirman, M.Pi yang juga sekertaris LP2M.
 
Acara dibuka oleh Ketua LP2M, Prof Dr Hafied Cangara,MSc. Dalam sambutannya, Hafied mengungkapkan pentingnya acara ini diikuti oleh para dosen. Pentingnya acara ini, tambah Hafied, disebabkan rendahnya aktivitas para dosen dalam menulis dan hanya terseret pada kegiatan mengajar saja. “Padahal tiga pilar dunia akademik adalah mengajar, riset, dan pengabdian,” jelas guru besar Ilmu Komunikasi Unhas ini. Apalagi, lanjutnya, rendahnya daya kreativitas ini membuat akreditasi dosen menjadi rendah. “saya berharap ini menjadi momentum untuk menutup kekurangan. Pelathan ini jadi pola piker kita untuk membentuk pola bahasa yang baik. Karena bahasa menjadi alat komunikasi, maka kalau bahas kita kacau, pikiran jadi tidak logis, dan tidak terstruktur. Hafied juga mendorong para peserta untuk terus berinisiatif membuat artikel ilmiah. Selama ini, tambahnya, DP2M banyak member rangsangan, salah satunya adalah penulisan artikel internasional yang bernilai 30 juta. “Saya menulis buku dapat 20 juta, sisanya bisa dipakai umroh,” kenang Hafied. Untuk itu, harapnya, peserta harus mampu memanfaatkan kesempatan yang diberikan DP2M dalam bentuk hibah, multiyears, dan sebagainya.
 
Pada hari pertama, H Sumartono selaku Kasi Informasi DP2M memberikan materi tentang Kebijakan Program DP2M. Dalam materi yang disajikannya, Sumartono menjelaskan apa saja yang bisa dimasukkan kepada DP2M dan program-program kerjasama yang bisa dimanfaatkan para akademisi. “Dalam UU 20 tahun 2003, diatur kalau dosen itu harus membuat buku ajar, Hak Paten, jurnal, dan teknologi tepat Guna,” paparnya. Sumartono juga memperkenalkan portal ilmiah elektronik nasional dengan alamat “garuda.kemdiknas.go.id”. Portal ini memuat dan menyediakan akses terhadap referensi ilmiah umum yang dihasilkan bangsa indonesia yang melibatkan sejumlah penghasil informasi, dan tidak terkhusus pada dosen saja.
 
DP2M juga akan menggelar Malam Penganugerahan bagi peneliti yang memiliki karya Ilmiah terbaik, dirangkaikan dengan pameran penemuan karya-karya yang luar biasa. (ast)
 
Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional
 
Akademik Pariwisata 45 jayapura
Polteknik Negeri Ambon
Polteknik Negeri Pangkep
STIP Kutai Timur
STIE Nobel Indonesia
Universitas 45 Makassar
Universitas Al Amin Muhammadiyah Sorong
Universitas Alkairaat
Universitas Borneo Tarakan
Universitas Negeri Gorontalo
Universitas Haluoleo
Universitas Hasanuddin
Universitas Khairun Ternate
Universitas Muhammadiyah Makassar
Universitas Muhammadiyah palu
Universitas Muhammdiyah Pare-pare
Universitas Muslim Indonesia Makassar (UMI)
Universitas negeri Makassar (UNM)
Universitas Negeri manado
Universitas Negeri papua
Universitas Pattimura
Universitas Sam Ratulangi
Universitas Sawerigading makassar
Universitas Taddulako

Sabtu, 4 Desember 2010 | 08:08|
X