Materi Sosialisasi Skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal Unhas dan Laporan Keuangan LP2M Unhas Rabu, 7 November 2018 sudah dapat diunduh di DOWNLOAD DOKUMEN !!!

Rapat Pemantapan Pelaksanaan Seminar Kemelayuan

Penyebaran orang Melayu ke seluruh nusantara melalui perdagangan dan penyebaran Agama Islam. Puncak imigrasi terbesar orang Melayu terjadi pada saat runtuhnya kerajaan Malaka dan pada saat itulah terjadi kontak budaya secara intens dengan berbagai etnis di nusantara termasuk etnis-etnis yang ada Kawasan Timur Indonesia. Nama Melayu tidak hanya memberikan identitas suatu bangsa, akan tetapi telah berkembang dan memberi kesadaran masyarakat yang bermukim di beberapa negara antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand Selatan, Brunai Darussalam, Singapore, dan Fhilipina.
 
Adanya kesadaran bersama sebagai bangsa yang serumpun inilah yang menjadi modal dasar untuk menjalin hubungan antarbangsa, kerjasama berbagai bidang, mengatasi konflik sosial. Salah satu solusi yang repsentetaif adalah dengan Kegiatan Seminar dan Dialog Internasional Kemelayuan di Indonesia Timur II yang diadakan oleh Devisi Kajian Melayu, Puslitbang Dinamika Masyarakat, Budaya, dan Humaniora Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Universitas Hasanuddin.
 
Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 26 November 2014 dilakukan Seminar Internasional dengan menampilkan pembicara dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Hari kedua tanggal 27 November akan dialkukan Dialog Kemelayuan. Dalam dialog ini akan menampilkan pakar-pakar kemelayuan. Setelah Acara Diolog akan ditampilkan persembahan seni dan budaya. Kemudian dilakukan city tour dengan mengunjungi Makam Sultan Hasanuddin, Makam Syec Yusuf, Balla Lompoa Gowa, Benteng Somba Opu, dan Benteng Rotterdam Makassar.
 
Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar dan beberapa sponsor dari kantor-kontor swasta yang ada di Makassar antara lain: PT.VALE, KOMPAS, HARIAN FAJAR dan Mahasiswa Linguistik.
 
Makalah yag ditampilkan dalam seminar akan diterbitkan dalam bentuk prosiding dan selanjutnya diterbitkan dalam bentuk buku.
 
Kegiatan ini direstui oleh Bapak Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Bapak Prof.Dr.Ir.Sudirman, MPi. Dan sangat didukung oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aristina Pulubuhu, M.A. Insya Allah akan membuka acara ini.
 
Demikian Laporan Ketua Panitia Seminar dan Dialog Kemelayuan di Indonesia Timur II Ibu Dr. Hj. Nurhayati, M.Hum.

Sabtu, 15 November 2014 | 16:09|
X