-

Rumah Pintar (RUMPIN) Makassar

LP2M UNHAS KUNJUNGI RUMAH PINTAR (RUMPIN) DI MAKASSAR

 
 
MAKASSAR – Dalam rangka kegiatan pembinaan dan pendampingan program Rumah Pintar (Rumpin) Direktorat Jenderal PAUD dan NFI Kementerian Pendidikan Nasional RI, LP2M Unhas hari ini (4/1) mengunjungi dua Rumpin di Makassar, yakni Rumpin Ardhya Garini Cabang LANUD Sultan Hasanuddin dan Rumpin Jaya Pertiwi di Kecamatan Biringkanayya, Makassar.
 
Program Rumpin yang digagas oleh para ibu yang tergabung di Solidaritas Istri-Istri Kabinet Indonesia Bersatu II (SIKIB) ini, merupakan bentuk perhatian yang besar terhadap program kegiatan pemberdayaan masyarakat. Di Rumpin ini, seluruh kegiatan terintegrasi untuk semua kalangan usia, anak sekolah dan anak putus sekolah. Semua kegiatan dikelompokkan dalam sentra-sentra kegiatan seperti sentra buku/perpustakaan, sentra komputer, sentra bermain, sentra kriya/keterampilan, dan sentra lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.
 
Seperti halnya di Rumpin Ardhya Garini yang dikelola oleh ibu-ibu istri anggota TNI AU-LANUD Sultan Hasanuddin, mengelola satu sentra Dirgantara yang khusus mewadahi kegiatan yang berkaitan dengan kedirgantaraan untuk anak-anak usia sekolah maupun dewasa. Salah satu kegiatannya yakni pembuatan miniatur pesawat OHLG (Chuk Glider) dan pengenalan bagian-bagian pesawat model. Sementara di Rumpin Jaya Pertiwi, masyarakat lebih condong pada kegiatan-kegiatan keterampilan, terutama keterampilan menjahit. Sejak September 2011 lalu, Rumpin Jaya Pertiwi sudah menamatkan sekitar 30 peserta pelatihan dasar menjahit dan membuka kelas pengajaran untuk program Kejar Paket C.
 
Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Direktur LP2M Unhas, Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc.Ph.D., didampingi sekretaris LP2M Unhas Prof. Dr. Sudirman, MPi., disambut antusias oleh pengelola Rumpin. Dalam kunjungan tersebut, Direktur LP2M Unhas menyampaikan rasa apresiasi yang tinggi atas usaha pengelola mengembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan menawarkan akses seluas-luasnya bagi pengelola untuk bekerja sama dengan LP2M Unhas sebagai pembina dan pendamping program Rumpin di Sulsel. “Sebagaimana acuan yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) Kemendiknas RI, maka tanggung jawab LP2M Unhas adalah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan dalam hal manajemen pengelolaan, pelatihan (tutorial), publikasi dan bantuan fasilitas lainnya sesuai kebutuhan masing-masing rumpin” paparnya di sela-sela kunjungan.
 
Dalam kesempatan yang sama, LP2M Unhas berniat akan menyerahkan bantuan 100 kantung sak bahan bangunan semen ke Rumpin Ardhya Garini untuk kebutuhan pembangunan pendopo dan menawarkan bantuan tutorial untuk pengembangan tanaman Hidroponik di sentra Hijau. Selain itu, LP2M Unhas juga berencana menyiapkan sejumlah buku-buku rujukan pengetahuan dan keterampilan untuk Rumpin Jaya Lestari. Melalui bantuan tersebut diharapkan Rumpin bisa menjadi pusat atau sentra kegiatan yang efektif di masyarakat dan menjadi proyek percontohan bagi pengembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal di daerah-daerah lain di Sulawesi Selatan.

Kamis, 5 Januari 2012 | 14:20|
X