Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Serial Semiloka Risalah Kebijakan (Policy Note) Pembangunan KTI

Serial I
(oleh Puslitbang Kebijakan dan Manajemen LP2M Universitas Hasanuddin)
Pengembangan Infrastruktur Dasar untuk Menjaga Momentum Pertumbuhan Inklusif dan Berkesinambungan di Pulau Sulawesi
 
Acara ini dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, yang sekaligus berkenan sebagai Keynote Speaker dengan judul ‘Pertumbuhan Inklusif Dalam Perspektif Kebijakan Pembangunan Nasional’. Turut hadir sejumlah Deputi dari Bappenas dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, beserta sejumlah Direktur dari kedua Kementerian tersebut, yang juga sekaligus tampil sebagai pembicara dalam dua sesi panel diskusi dalam acara ini. Bersama dengan rombangan Bappenas, turut hadir mitra kerja Bappenas dari sejumlah perguruan tinggi di Pulau Jawa, antara lain dari Universitas Padjajaran Bandung, UNS Surakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Diponegoro Semarang, dan Universitas Airlangga Surabaya.
 
Acara dibuka oleh Rektor Universitas Hasanuddin yang didampingi Wakil Rektor Bidang Pendidikan serta Kepala LP2M dan Kepala Puslitbang Kebijakan dan Manajemen Universitas Hasanuddin. Selain itu hadir sejumlah Dekan Fakultas dalam lingkup Unhas, serta sejumlah Kepala Puslitbang dalam lingkup LP2M Universitas Hasanuddin.
 
Puslitbang Kebijakan dan Manajemen (P3KM)-LP2M Universitas Hasanuddin, merupakan inisiator kegiatan ini bekerja sama dengan Biro Kerjasama Kelembagaan Bappenas. Selain kalangan civitas akademika Universitas Hasanuddin, acara ini juga dihadiri oleh 13 civitas akademika perguruan tinggi lainnya yang masuk dalam ‘Jejaring Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Kebijakan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia’, dimana P3KM Unhas sebagai inisiator dan sekaligus sebagai koordinator jejaring.
 
Acara ini akan berlangsung dalam enam serial; (I) di Universitas Hasanuddin, Makassar; (II) di Universitas Sam Ratulangi, Manado; (III) di Universitas Haluoleo, Kendari; (IV) di Universitas Mataram, NTB; (V) di Universitas Cenderawasih, Jayapura; dan (VI) di Bappenas, Jakarta. Tema yang dibahas dalam serial semiloka ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh anggota jejaring perguruan tinggi di KTI, dengan sub-tema utama, yakni: pertama, Pengembangan infrastruktur dasar untuk mewujudkan dan menjaga pertumbuhan inklusif yang berkesinambungan di Pulau Sulawesi; dan kedua, pengelolaan penerimaan dan pengeluaran public untuk akselerasi pembangunan daerah di KTI.
 
Output dari serial semiloka ini adalah dua buah buku sebagaimana sub-tema tersebut, untuk selanjutnya akan diserahkan kepada Bappenas pada saat penyelenggaraan serial VI di Bappenas pada Bulan Februari 2014 yang akan datang. Hal ini akan menjadi kontribusi pemikiran pihak perguruan tinggi di KTI, terutama Unhas sebagai inisiator guna mendukung penyusunan teknokratik RPJMN 2015-2019 yang sedang berlangsung di Bappenas dewasa ini.
 
Selain pembicara dari Bappenas, dan Kementerian Koordinator Perekonomian, juga tampil sebagai pembicara Dr. Agussalim, SE., MS., dari P3KM-LP2M Unhas selaku ketua tim peneliti. Penanggung jawab kegiatan adalah Dr. Djunaidi M. Dachlan, MS., selaku kepala Puslitbang KM-LP2M Unhas, dan Ketua Panitia untuk semua serial semiloka (Makassar-Manado-Kendari-Mataram-Jayapura) adalah Dr. Sultan Suhab, SE., MS. Serial semiloka selanjutnya pertengahan Desember 2013 akan berlangsung di Manado, dan pada Bulan Januari 2014 akan berlangsung pada tiga tempat, yakni di Kendari, Mataram, dan Jayapura.

Jumat, 22 November 2013 | 01:17|
X