Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Terapan dan Penelitian Dasar Tahun 2018, Jumat/14 Desember 2018 di Ruang Rapat LP2M (Untuk Informasi Selengkapnya silahkan cek di PENGUMUMAN!!)

Training Centre Ristoja Tahun 2015

Pelatihan Peneliti Ristoja yang dilaksanakan di ruang rapat “D” LP2M Jum’at 18 Agustus 2015 berjalan lancar dan dihadiri oleh peneliti dari Litbangkes dan Peneliti dari UNHAS. Ristoja merupakan upaya eksplorasi dan inventarisasi kekayaan sumber daya genetik tumbuhan obat berskala Nasional dan pengetahuan tradisional tentang pengobatan berbasis tanaman berskala Nasional.
 
Dalam sambutannya Ketua LP2M UNHAS Prof.Dr.Ir.Sudirman, M.Pi mengingatkan kepada para penelitia bahwa tumbuhan obat merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga dan mendapatkan pengakuan dari negara lain melalui kegiatan ini “Training Centre Penelitian Khusus Eksplorasi Pengetahuan Lokal Etomidisin dan Tumbuhan Obat di Indonesia berbasis Komunitas”. Sebisa mungkin apa yang telah kita lakukan ini dapat bermanfaat buat negara, bangsa dan masyarakat.
 
Tahapan Ristoja dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, Tahap Satu berupa Pengumpulan Data dan Pengumpulan Spesimen. Tahap Dua berupa Cleaning Data Ramuan dan TO, Autentifikasi Spesimen TO, dan Pengelolaan Herbarium. Tahap Tiga yaitu Analisis Lanjut, pertama: chemical profiling, DNA fingerprinting, DNA barcoding; kedua: Uji khasiat dan keamanan, uji senyawa aktif, uji klinis, dan pelayanan; ketiga: sosioekonomi, antropologi, dan lainnya. Penelitian di Sulawesi Selatan untuk tahun 2015 dipusatkan pada 5 etnis masyarakat : Maros (Etnis Pattae), Sinjai (Etnis Konjo), Enrekang (Etnis Duri), Luwu Utara (Etnis Wotu dan Seko).

Selasa, 18 Agustus 2015 | 03:39|
X