-

Unhas Menjadi Universitas Riset Mandiri

Tahun 2011 merupakan tahun-tahun penuh ‘warna’ bagi UNHAS. Kerja keras sepanjang tahun untuk mewujudkan visi menjadi World Class University sungguh tidaklah mudah, di tengah berbagai masalah yang menghantam. Namun, predikat sebagai salah satu universitas riset mandiri patut dibanggakan. Di tahun 2011, UNHAS berhasil mencatat prestasi dengan ditetapkannya sebagai universitas riset mandiri. Klasifikasi ini dibuat oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terhadap sepuluh (10) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia. Diantaranya UNHAS sebagai satu-satunya universitas riset mandiri di luar Jawa.
 
Direktur LP2M UNHAS, Prof. Dr. H. Hafied Cangara, Phd mengatakan keberhasilan yang dicapai UNHAS tidak lain karena UNHAS mampu menunjukkan kinerja dalam bidang riset selama 5 tahun terakhir dengan jumlah penelitian lebih dari 200 judul penelitian per tahun.Tahun 2011, LP2M UNHAS berhasil mencatat nilai kontrak penelitian sebesar 30 Miliar Rupiah, dengan jumlah kegiatan penelitian dan pengabdian mencapai total 235 kegiatan. Baik yang diperoleh melalui hibah bersaing oleh DP2M DIKTI, LIPI, Kemenristek dan Deptan, serta melalui kerjasama kemitraan dengan lembaga pemerintah, swasta, dan badan-badan internasional.
 
Keberhasilan UNHAS menjadi universitas riset mandiri sangat penting bagi pengembangan institusi UNHAS sebagai Center of Excellent. Tidak saja berarti UNHAS diberi kewenangan untuk menyeleksi proposal penelitian yang diajukan oleh para dosen dan peneliti. Lebih jauh, UNHAS juga menjadi narasumber untuk kegiatan penelitian pada universitas-universitas negeri dan swasta yang dikategorikan sebagai universitas riset, perguruan tinggi riset madya (17 PTN, 5 PTS), perguruan tinggi riset binaan (15 PTN, 49 PTS), dan perguruan tinggi riset pemula (15 PTN, 250 PTS).
 
Semoga prestasi sebagai universitas riset mandiri menjadi ‘SEMANGAT BARU DI 2012’ untuk senantiasa berpacu dan menjadi terdepan dalam kegiatan pengembangan pengetahuan sebagai bentuk tanggung jawab tridarma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) demi kemaslahatan ummat.

Selasa, 3 Januari 2012 | 13:57|
X