-

Wawancara BRI MANTRI 2012

Wawancara Kerja (job interview) saat ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Meskipun validitas wawancara dianggap lebih rendah jika dibandingkan dengan metode seleksi yang lain seperti psiko test, namun wawancara memiliki berbagai kelebihan yang memudahkan petugas seleksi dalam menggunakannya.
 
Begitu juga halnya dalam seleksi Penerimaan karyawan BRI untuk posisi Marketing dan Analis Kredit Mikro (MANTRI) yang dilaksanakan oleh LP2M Universitas Hasanuddin telah berlangsung seleksi wawancara selama 2 hari yang dimulai tanggal 1-2 September 2012 kepada para pelamar yang telah lolos berkas sebanyak 1.400 orang untuk wilayah Sulsel. Dalam proses wawancara banyak diantara peserta yang sudah pernah mengajukan lamaran pada penerimaan sebelumnya dan gagal pada seleksi selanjutnya namun merasa terbantu karena menganggap sudah punya pengalaman dalam proses seleksi berikutnya.
 
Bagi si pelamar, wawancara kerja memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan secara langsung pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan berbagai faktor lainnya yang berguna untuk meyakinkan perusahaan bahwa dia layak (qualified) untuk melakukan pekerjaan (memegang jabatan) yang ditawarkan. Selain itu wawancara kerja juga memungkinkan pelamar untuk menunjukkan kemampuan interpersonal, professional, dan gaya hidup atau kepribadian pelamar. Jika di dalam CV (Curriculum Vitae) pelamar hanya bisa mengklaim bahwa dirinya memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, maka dalam wawancara dia diberi kesempatan untuk membuktikannya.
 
Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan salah satu cara untuk menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut untuk memegang jabatan / pekerjaan yang ditawarkan. Secara umum tujuan dari wawancara kerja adalah:

  1. Untuk mengetahui kepribadian pelamar.
  2. Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan.
  3. Mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan.
  4. Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja.
Minggu, 2 September 2012 | 21:08|
X