-

Workshop PEA

Public Expenditure Analysis-PEA atau analisis belanja publik merupakan suatu cara menganalisis bagaimana pemerintah mengalokasikan dan mengelola sumberdaya keuangan mereka. Kegiatan ini bertujuan memberikan rekomendasi tentang bagaimana pemerintah dapat mengelola keuangan publik secara lebih efisien dan efektif pada masa yang akan datang. Kegiatan ini sebagai tahapan pertama dari Program Kajian Pengeluaran Publik dan Peningkatan Kapasitas-Public Expenditure Analysis and Capacity Harmonization (PEACH) yang dikelola oleh pemerintah atas dukungan lembaga donor dan lembaga penelitian dari perguruan tinggi lokal. Lembaga donor melalui The World Bank yang berperan aktif dalam program ini antara lain Canadian International Development Agency, The Royal Embassy of Netherlands dan Australian Government AusAid.
 
Program ini dibuat untuk mendukung pemerintahan daerah yang berkomitmen dalam peningkatan efektivitas perencanaan pembangunan, penganggaran dan pengeluarannya. Bersama pemerintah daerah, PEACH juga diharapkan mampu beradaptasi terhadap kebutuhan dan prioritas lokal, dan tidak hanya berkelanjutan, tetapi benar-benar berlanjut. Hingga saat ini, lokasi PEACH di Indonesia meliputi Papua, Aceh, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku, serta saat ini sedang berlangsung Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Mitra kerja program ini adalah pemerintah provinsi yang bertindak sebagai Project Management Committee (PMC) dengan melibatkan perguruan tinggi lokal sebagai tim peneliti (research team).
 
PEACH di Provinsi Sulawesi Selatan, selanjutnya disebut PEACH Sulsel melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) melalui PSKMP (sekarang Puslitbang Kebijakan dan Manajemen) Universitas Hasanuddin sebagai tim peneliti. Tahapan PEA Sulsel kontraknya berlangsung mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2011, dengan perkembangan kegiatan yang telah dicapai, meliputi: (1) Pra Technical Workshop pada 11-12 Nopember 2010 di Ruang Kemandirian Lokal Unhas; (2) Workshop internal (tim peneliti) yang terselenggara pada tanggal 7-8 Januari 2011. Output yang dihasilkan adalah draft deskripsi Outline PEA, rencana kegiatan penelitian (work-plan), draft Kebutuhan Data, desain penelitian lapangan dan pengumpulan data, serta pembagian tugas diantara tim peneliti; (3) Workshop Internal dan dengan Project Management Committee (PMC) pemerintah Sulsel dan Tim Bank Dunia terselenggara pada tanggal 18-19 Januari 2011 di Ruang Kemandirian Lokal Unhas. Output yang dihasilkan adalah Finalisasi Deskripsi Outline PEA oleh Tim Bank Dunia, Kebutuhan Data dan Informasi, Tabel Antara dan Master Table; (4) Diskusi internal bersama Tim peneliti untuk pemantapan pengisian tabel antara dan pengumpulan data lapangan yang terselenggara pada tanggal 29 Januari 2011 di Gedung PSKMP LP2M Unhas; (5) Pengumpulan data awal tentang realisasi APBD pada beberapa Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi Sulsel di Biro Keuangan Kantor Gubernur Sulsel (minggu III Januari hingga sekarang); dan (6) Pengisian Tabel Antara dan Master Tabel untuk pemerintah Provinsi dan beberapa Kabupaten/Kota dimulai pada minggu IV Januari 2011.

Senin, 7 Februari 2011 | 16:04|
X