Materi Sosialisasi Skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Internal Unhas dan Laporan Keuangan LP2M Unhas Rabu, 7 November 2018 sudah dapat diunduh di DOWNLOAD DOKUMEN !!!

Workshop Penanggulangan Banjir Bandang

Peristiwa banjir bandang yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir di Indonesia, menjadi salah satu fenomena bencana alam yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang cukup besar. Beberapa peristiwa bencana banjir bandang yang pernah di Indonesia, antara lain; Sinjai (Sulsel, 2006), Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama (Papua Barat, 2010); Bendungan Wa Ela, Desa Negeri Lima, Kabupaten Maluku Tengah (Maluku, 2013). Peristiwa banjir bandang berbeda dengan kejadian banjir biasa, sebab waktu terjadinya kurang dari 1 jam, namun memiliki kecepatan tinggi dengan energi rusak yang besar. Akibatnya peristiwa banjir bandang sering menimbulkan jumlah korban jiwa yang besar.
 
Mengatisipasi terjadinya bencana banjir bandang di seluruh Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan workshop dan focus group discussion (FGD) dalam rangka menyusun Masterplan Bencana Banjir Bandang. Kegiatan workshop dan focus group discussion (FGD) tersebut dilakukan sebagai bahan masukan dalam menyusun masterplan penanggulangan bencana banjir bandang.
 
Kegiatan ini terdiri atas dua rangkaian kegiatan yaitu kegiatan workshop dan kegiatan FGD yang dilaksanakan di Hotel Makassar Golden. Kegiatan workshop berlangsung selama 2(dua) hari dari tanggal 26 – 27 September 2013, sedangkan kegiatan FGD berlangsung selama 1 (satu) hari pada tanggal 28 September 2013. Peserta kegiatan berasal lembaga perguruan tinggi (PT), lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan BNPB Kabupaten/Kota dan BNPB Provinsi dengan jumlah peserta 75 orang. Kegiatan workshop diisi oleh narasumber/pembicara yang berasal perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia (1 orang), Institut Pertanian Bogor (1 orang), dan Universitas Hasanuddin (5 orang) serta bantuan asistensi kegiatan dari BNPB Pusat.
 
Kegiatan FGD dibagi atas tiga kelompok yaitu; aspek kelompok pengurangan resiko bencana, kelompokpeningkatan efektifitas operasional, dan kelompok optimalisasi pengurangan dampak. Setiap kelompok dipandu oleh tiga orang fasilitator yang berasal dari perguruan tinggi (Unhas).
 
Kegiatan workshop dan FGD menjadi salah satu tahap dalam merumuskan naskah akademik masterplan penanggulangan bencana banjir bandang (3B) serta menjadi dasar dalam menentukan arah, kebijakan, dan program berkaitan dengan penanggulangan bencana di Indonesia.

Selasa, 1 Oktober 2013 | 00:56|
X