REMARKS HEAD OF INSTITUTE

Hasanuddin University has contributed immensely to regional developments through research and community services. The academic community of Hasanuddin University embraces the role of prospering the human civilization in local, national, and international scales.

Institute for Research and Community Service is entrusted with the task of coordinating research activities, as well as empowering the means and potential of Universitas Hasanuddin experts in assisting the process of overcoming community problems. Recognizing that the interest of the lecturers in research conducts and community service must continue to develop in order to place this higher education institution as a Communiversity and Center of Intellectual Resource, LPPM is expected to facilitate greater coordination for research and community service.

We thank Universitas Hasanuddin for entrusting and directing the Research and Community Service Institute (LPPM) Universitas Hasanuddin. Concerning this noble task, we express our utmost gratitude, as we hope with high commitment and sense of responsibility, the research and community service activities of the academic community of Universitas Hasanuddin, can advance in the years to come. We also hope that we can contribute to the increase of social welfare and the development of civilization, nation, and state.

Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si.

Chairman

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), awalnya terdiri atas dua lembaga yang berdiri sendiri. Kedua lembaga tersebut yakni Lembaga Penelitian (LP) dan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM). Melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin selaku Ketua Senat Universitas No.2630/H4/0/2010 tertanggal 29 Juni 2010, kedua lembaga kemudian diintegrasikan menjadi satu lembaga, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin.

Sekretaris LPPM

Dr. Ir. Abd. Rasyid J, M.Si

Pengintegrasian ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada hakikatnya merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan,dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, pertimbangan efisiensi dan efektitas pengelolaan sumber daya juga mendorong penyatuan kedua lembaga diatas.

LPPM merupakan suatu lembaga yang layak dan memiliki kapasitas dalam menyelesaikan serta mengadvokasi permasalahan yang berkembang dalam masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan pengaplikasian ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains (Ipteks). Sebagai sub sistem dari organisasi dan tata kerja Universitas Hasanuddin, LPPM dalam operasionalnya memanfaatkan sumber daya manusia maupun fasilitas-fasilitas lain yang ada dalam lingkungan Universitas Hasanuddin.

VISI

Menjadi Pusat Unggulan Kemitraan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Sumberdaya Insani berbasis budaya Benua Maritim Indonesia.

MISI

  1. Mengembangkan pengkajian dan penerapan Ipteks yang relevan dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, dinamika masyarakat, dan kebutuhan pembangunan.
  2. Menjalin kemitraan antara universitas sebagai lembaga pengkajian dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menumbuhkan kualitas, ketangguhan, dan daya saing berusaha dalam rangka peningkatan dan pencapaian kesejahteraan bangsa.
  3. Meningkatkan kemampuan staf pengajar, mahasiswa, mitra kerja, dan masyarakat melalui Pendidikan, Pelatihan, dan Pelayanan Ipteks guna menumbuhkan keunggulan, kemandirian, dan kapasitas kelembagaan
  1. Menjadikan LPPM Unhas sebagai pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui riset untuk science dan policy, serta menjadi jembatan antara universitas dan masyarakat.
  2. Mendorong para dosen untuk memiliki kemampuan inovatif dalam mengungkap misteri alam dan kehidupan manusia melalui penelitian yang bermanfaat untuk kepentingan kemajuan dan kelangsungan hidup manusia.
  3. Mendidik dan mengawal masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui sentuhan science dan teknologi (multiplier products) yang berbasis kajian akademis.
  4. Peduli universitas terhadap masyarakat sebagai bentuk University Social Responsibility (USR).

Dalam rangka penyelenggaraan penelitian lima tahun kedepan, tujuan program strategis Universitas Hasanuddin yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian pada masyarakat adalah terselenggaranya riset yang berkualitas internasional. Sasaran yang ingin dicapai untuk mencapai tujuan strategis tersebut adalah:

  1. Terciptanya budaya meneliti yang berkualitas dan berkesinambungan.
  2. Menghasilkan penelitian bertaraf internasional yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan Ipteksbud Benua Maritim guna meningkatkan daya saing bangsa.
  3. Terintegrasinya kegiatan riset dengan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat (USR = University Social Responsibility).
  4. Terwujudnya ventura akademik berbasis penelitian

Azas Kelembagaan

Program dan Kegiatan LPPM Unhas didasarkan atas tata nilai, norma serta pengorganisasian yang ditetapkan  oleh universitas sebagai suatu  sistem, dalam arti semua kegiatan  yang dilaksanakan harus secara  melembaga.

Azas Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah

LPPM Unhas memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta  kepekaan sosial terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Karena itu penelitian dan pengabdian  yang dilaksanakan didasarkan atas metodologi ilmiah. Dengan demikian, proses penemuan  dan  penerapannya merupakan amal yang dilandasi oleh pemikiran ilmiah dan profesional.

Azas Kesinambungan

LPPM Unhas memiliki program yang terencana dan tahapan yang logis. Program dipecahkan dalam bentuk  jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Program-program tersebut disusun secara  berkesinambungan selaras dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Rencana Strategik (Renstra) Universitas  Hasanuddin dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Azas Edukatif dan Pengembangan

Kegiatan penelitian bersifat edukatif yang dilandasi pemikiran untuk selalu inovatif memecahkan misteri alami  dan kehidupan umat manusia, serta pengembangan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya melalui  sentuhan teknologi dan pemberdayaan potensi yang dimiliki oleh masyarakat.

Azas Kerja Sama

Kegiatan yang dilakukan oleh LPPM Unhas merupakan usaha bersama antara perguruan tinggi dengan  pemangku kepentingan (stakeholders). Hubungan kerja sama ini dijiwai semangat kekeluargaan atas dasar  kemitraan yang saling menunjang dan menguntungkan.