Prof. Dr. Ir. Amran, M.Si

Gedung LPPM Unhas Lt. 3, Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, Kampus Unhas Tamalanrea

Telp : 085396424303

E-mail : pusathaki@yahoo.com

Pusat Diseminasi dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI)

Pusat Diseminasi dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) mempunyai tugas menatakelola dan menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang informasi, diseminasi dan hak atas kekayaan intelektual.

Dalam melaksanakan tugas, Pusat Diseminasi Hak atas Kekayaan Intelektual mempunyai fungsi:

  • Penyusunan program dan rencana anggaran;
  • Pendampingan, pembinaan serta simulasi penyusunan dokumen hak atas kekayaan intelektual;
  • Fasilitasi para dosen dalam pemerolehan hak atas kekayaan intelektual atas karya-karya intelektualnya;
  • Pemberian dukungan upaya komersialisasi hak atas kekayaan intelektual;
  • Pelaksanaan evaluasi kegiatan penelitian  dan  pengabdian masyarakat di bidang informasi diseminasi hak atas kekayaan intelektual; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Pusat Informasi Diseminasi dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) Universitas Hasanuddin merupakan salah satu Puslitbang yang berfokus pada peningkatan perolehan Hak Kekayaan Intelektual Terkhususnya di lingkup Universitas Hasanuddin dan masyarakat secara umum. Kegiatan utama dari Pusat HaKI yaitu menyebarluaskan informasi terkait Hak Kekayaan Intelektual dan memfasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual diantaranya yaitu Paten, Hak Cipta Desain Industri dan Merek.

    Pusat Informasi Diseminasi dan HaKI memiliki beberapa fasilitas diantaranya yaitu ruangan Pimpinan dan Ruangan Staff yang merangkap sebagai ruang rapat ataupun ruang penjamu tamu

    Pusat Informasi Diseminasi dan HaKi terdiri dari Kepala Puslitbang, Staf/Non PNS. Tenaga Ahli (Pendamping), Staf Adiministrasi dan Tenaga Lepas (Drafter).

    Pimpinan atau Ketua Pusat Informasi, Diseminasi dan HaKI yaitu Prof. Dr. Ir. Amran Laga, M.Si. Beliau merupakan salah satu Staf Pengajar di Fakultas Pertanian Departemen Teknologi Pertanian.

    Tenaga-tenaga ahli pendamping paten yaitu :

    1. Prof. Dr. Ir. Abu Bakar Tawali
    2. Prof. Dr. Ir. Meta Mahendradatta
    3. Prof. Dr. Ir. Salengke, M.Sc
    4. Prof. Dr.-Ing. Faizal Arya Samman, ST., MT

    Staf Non PNS di Pusat HaKI yaitu saudara Zulfahri Nur, S.TP, M.Si. dan staff administrasi merangkap sebagai tenaga lepas (paten drafter) yaitu Muhpidah, S.TP, M.Si.

    Kegiatan kerja sama yang dilakukan dengan setiap instansi memberikan dampak positif terhadap masing-masing instansi dan Pusat HaKI. Dalam kegiatan webinar sosialisasi menunjukkan hasil yang memuaskan terlihat dari minat peserta webinar yang setelah kegiatan tersebut mulai berbondong-bondong melakukan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual baik itu berupa Hak Cipta maupun Paten. Sementara itu pada salah satu instansi telah membentuk Sentra HKInya sendiri setelah kegiatan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual dan telah memiliki akun pendaftaran Hak Ciptanya sendiri. Kegiatan valuasi paten yang dilakukan selama dua tahun terakhir yang bekerjasama dengan RISTEK-DIKTI menghasilkan perhitungan nilai teknologi suatu paten. Kegiatan ini merupakan gambaran bagi para pemilik paten dalam pemanfaatan patennya dengan industry kedepannya. Kegiatan ini menjadi acuan terkait royalty ataupun nilai jual putus suatu paten oleh inventor.

    KEGIATAN KERJASAMA

    TAHUN

    MITRA

    KEGIATAN

    2018

    RISTEK-DIKTI

    Kegiatan Valuasi Teknologi

    2019

    RISTEK-DIKTI

    Kegiatan Valuasi Teknologi

    Universitas Cokroaminoto Palopo

    Pembinaan Sentra HKI

    Politeknik Negeri Ujungpandang

    Workshop Paten

    UKI PAULUS MAKASSAR

    Sosialisasi HKI

    Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku

    Sosialisasi HKI

    2020

    Politeknik Pariwisata Makassar

    Kegiatan Webinar HKI

    Politeknik Pariwisata Bali

    Kegiatan Webinar HKI Bagi Dosen

    Politeknik Pariwisata Makassar

    Rakornas Politeknik Pariwisata Se-Indonesia