Survey perawatan gigi pada anak dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan LPPM Universitas Hasanuddin. Kali ini bertempat di Puskesmas Biak Banggai, Sulawesi Tengah. Kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dan Universitas Hasanuddin menggelar acara ini mulai Jumat, 6 Januari 2023 hingga Senin, 8 Januari 2023. Bakti sosial yang diberikan dirancang untuk memudahkan anak-anak mengakses layanan kesehatan gigi dan mulut.

180 anak yang membutuhkan perawatan gigi terlayani melalui inisiatif ini. Ini mencakup pencabutan gigi sulung, aplikasi fluoride topikal, fissure sealant, dan tambalan gigi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Hasanuddin dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai. Menurut Prof. Dr. drg. Muh. Harun Achmad, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan LP2M Unhas, menyatakan Ia telah menandatangani MoU dengan Ir. Amiruddin Tamoreka, Bupati Banggai, pada akhir tahun. Menurut Prof. Harun, guru besar kedokteran gigi anak mengatakan bahwa pada kali ini, anak-anak menjadi fokus kegiatan karena bertujuan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut Banggai.

Dr. Yusran Kasim, ME, Direktur RS Banggai berharap agar inisiatif seperti ini dapat dilakukan ke depannya untuk Banggai yang lebih sehat.

“Kami sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini. Anak-anak senang memiliki gigi dan mulut yang bersih karena hal ini” jelas beliau.

Selain bisa memberikan pelayanan medis, dokter yang juga lulusan FK Unhas angkatan 82 ini juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahim.

“Kita yang lulus sebagai alumni Unhas dan mahasiswa kita bisa kembali terhubung. Jadi dapat sehatnya, dapat silaturahminya tandasnya.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, LP2M UNHAS, Prof. Dr. drg. Muh. Harun Achmad adalah M.Kes., Sp.KGA, KKA (K), FFASS., turut serta mengarahkan pekerjaan tersebut.

Selain itu, Dr. drg, Ayub Irmadani Anwar, M.Med.Ed., FISDPH, FISPD, seorang dokter spesialis kesehatan gigi di bidang kesehatan masyarakat turut hadir sepanjang kegiatan ini dan sebanyak 12 Peserta, termasuk beberapa mahasiswa kedokteran gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Unhas.