Dalam rangka Dies Natalis Universitas Hasanuddin (Unhas) ke-66 dengan tagline “Unhasku untuk Rakyat”, Unhas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggandeng Kabupaten Maros sebagai lokasi pengabdian masyarakatnya. Terdapat 34 tim yg telah melaksanakan pengabdian masyarakat yang akan memamerkan hasil kegiatannya. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 WITA di Gedung Serbaguna, Kab. Maros, Kamis (25/08).

Mengawali kegiatan, Prof. Dr. Ir. Salengke, M.Sc selaku ketua panitia menyampaikan laporan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan selama dua bulan terakhir ini.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dimulai sejak bulan Juni dan hari ini akan tim pengabdian masyarakat Unhas akan mendemonstrasikan bagaimana memproduksi makanan sehat yang dapat diterapkan masyarakat dari Fakultas Pertanian dan screening untuk anak-anak dari keluarga harapan untuk pencegahan stunting dari Fakultas Keperawatan” ujar Prof. Salengke.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dalam kesempatan ini, Prof JJ menyampaikan ungkapan terima kasih atas sambutan hangat dari Kab. Maros. Lebih lanjut, Prof JJ juga menjelaskan peran Unhas sebagai salah satu institusi yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di Sulawesi. Maros menjadi salah satu daerah yang diunggulkan untuk menjadi daerah ketahanan pangan dunia. Harapannya, dengan sains dan teknologi yang dikembangkan oleh Unhas, dapat menyemangati Kab. Maros dan memberikan solusi bagi permasalahan ketahanan pangan dan pengendalian stunting di Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Maros H. Andi Syafril Chaidir Syam, S.I.P., M.H. juga menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan Unhas menjadikan Maros sebagai lokasi pengabdian masyarakat pada rangkaian Dies Natalis Unhas tahun ini. Dirinya mengatakan terciptanya koordinasi yang baik antara Unhas dan Kab. Maros dalam menyelesaikan 34 kegiatan pengabdian masyarakat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kab. Maros. Khususnya, lewat bantuan pengabdian Unhas ini untuk meluncurkkan penanaman kelor di Kab. Maros sehingga dapat diolah dengan baik untuk konsumsi bermanfaat bagi masyarakat, jelas Bpk. Andi Syafril.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di Kab. Maros memiliki dua topik utama meliputi pemberian pelatihan untuk menyadari stunting sehingga meminimalisir perluasan dan penanaman pohon kelor sehingga daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai makanan keluarga dengan kandungan gizi yang baik.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatangan MoU dan beberapa PKS antara lain MoU Universitas Hasanuddin dan Kabupaten Maros, MoU Fakultas Keperawatan dan Dinas Kesehatan Kab. Maros, PKS Fakultas Kedokteran Unhas dan Dinas Kesehatan Kab. Maros, PKS LPPM Unhas dan Kepala Balitbangda Kab. Maros, PKS Fakultas Isipol Unhas dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Maros, PKS Fakultas Pertanian dan Dinas Pertanian Kab. Maros, serta PKS Fakultas Keperawatan dan RSUD dr. Pallaloi Kab. Maros. Selanjutnya, kegiatan penyerahan buku yang ditulis oleh peserta KKN Desa Wisata Unhas tahun 2022, pemasangan atribut kader pengawas minum obat dari Unhas kepada Bupati Maros beserta istri, dan penyerahan plakat dari Kab. Maros kepada Unhas.