Dalam rangka Program Kemitraan Dies Natalis Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Kab. Maros, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhas mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) berbasis Potensi Ekonomi Desa di Ballroom Rumah Makan Family, Minggu (28/08).

Tim pengabdian diketuai oleh Adnan Nasution, S.Sos., M.Si dan tiga anggota, yakni Dr. Muh. Tang Abdullah, S.Sos., M.AP., Amril Hans, S.AP., M.AP, dan Rizal Pauzi S.Sos., M.Si, serta beberapa mahasiswa administrasi public Unhas

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Kepala bidang Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD), Kab. Maros, Andi Abbas Maskur, SE., M.Si, dan Camat Cenrana, Ismail Madjid.

Kegiatan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan pengelola BUMDesa di Kecamatan Cenrana. Pada kesempatan ini, Dr. Muh. Tang mengapresiasi kesediaan Kab. Maros dan Camat Cenrana untuk bekerjasama dalam kegiatan ini. Selanjutnya, Ismail Madjid mengungkapkan manfaat yang diterima melalui pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini, karena pengembangan kapasitas BUMDesa menjadi tanggung jawab penting namun belum dapat dioptimalkan akibat keteratasan anggaran.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari perwakilan Dinas PMD Kab. Maros, Ketua Tim Pengabdian, dan akademisi. Kegiatan kemudian diakhiri dengan praktik perumusan desain BUMDesa berbasis potensi desa dan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL).


Sumber: edunews.id
https://edunews.id/edunews/kampus/tim-lppm-unhas-gelar-bimtek-peningkatan-kapasitas-bumdesa-di-cenrana-maros/