Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) tandatangani kontrak kerjasama dengan Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar di Aula Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kebencanaan, Gedung LPPM Lt. 3, Kampus Tamalanrea, Unhas, Jum’at (02/09).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Tata Laksana BPBD Kota Makassar, Drs. A. Hendra Hakamuddin, S.STP., MPA beserta kepala bidang dan pejabat struktural lainnya di lingkup BPBD Kota Makassar.

Penandatanganan kontrak ini diawali dengan sambutan dari Kepala Puslitbang Kebencanaan, Dr. Eng. Ilham Alimuddin, S.T., M.Gis. Dalam sambutannya, Ilham Alimuddin mengapresiasi kedatangan BPBD Kota Makassar ke LPPM Unhas dan bertekad untuk mengawal kerjasama yang telah dibangun selama ini. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari amanah berdasarkan perundang-undangan yang menjadi dasar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dari Kabupaten dan Kota.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Ketua LPPM Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK. Melalui penandatanganan kontrak ini, diharapkan LPPM Unhas dan BPBD Kota Makassar dapat menjalin koordinasi mulai dari membuat program bersama, turun ke masyarakat untuk melihat secara langsung inovasi yang diterapkan sehingga interaksi kolaborasi dapat menambah kualitas kegiatan.

Kepala Tata Laksana BPBD, pak Drs. A. Hendra Hakamuddin, S.STP., MPA menjelaskan kolaborasi pentahelix saat ini menjadi paradigma dan salah satunya adalah keterlibatan akademisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalin kolaborasi dengan akademisi dalam hal ini LPPM Unhas sehingga dapat menghasilkan suatu pedoman badi BPBD Kota Makassar dalam menghadapi dan menanggulangi bencana.

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan penandatanganan kontrak oleh kedua belah pihak dan foto bersama.