LPPM Unhas melalui Pusat Studi Kebencanaan melaksanakan kegiatan basic training di Kab. Wajo 29 September – 20 Oktober 2022. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan beberapa pihak seperti DMC Ikatek Unhas, WIZ, dan Wahdah Peduli.

Pertemuan ini diawali dengan pembukaan oleh Wakil Bupati Kab. Wajo, Amran, SE. yang mengungkapkan harapan besar dalam tercapainya training ini. Selain itu Kabid Ekonomi Keuangan bidang 7 DPP Wahdah Islamiyah Dr. Ir. Syarifuddin Mabe Parenreng, ST., MT. IPU., CSRS menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu persyaratan untuk menjadi relawan Wahdah Peduli.

Pada kegiatan ini, Ketua Pusat Studi Kebencanaan Dr. Eng. Ilham Alimuddin, S.T., M.GIS. turut hadir sebagai pemateri yang membahas terkait jiwa dan sikap relawan siaga bencana yang harus dikembangkan sejak dini. Muh. Syukri Turusi, ST., selaku Ketua Umum DMC Ikatek Unhas juga menjelaskan bahwa Kab. Wajo menjadi kabupaten ke-5 yang menerima edukasi Literasi Bencana dan Simulasi Tanggap Darurat dan menargetkan untuk melakukannya di 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Edukasi Literasi Bencana dan Simulasi Tanggap Darurat yang melibatkan 75 orang siswa yang berasal dari 6 sekolah di Kab. Wajo.