Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Keluarga (IKM-IKK) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui program Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhas melaksanakan edukasi Literasi Gizi dalam mencegah obesitas dan penyakit metabolik anak di SMAN 21 Makassar, Rabu (24/08).

Kegiatan ini disambut dan dibuka oleh Kepala UPT SMAN 21 Makassar, Andi Ernawati, S.Pd., M.Pd., Ph.D.Kegiatan ini ketuai oleh Dr. dr. Suryani Tawali, MPH dan dihadiri pula oleh beberapa anggota tim, serta sekitar 50 mahasiswa Kepaniteraan Klinik yang sedang melaksanakan stase klinik di Departemen IKM-IKK.

Dalam kesempatan ini, Andi Ernawati mengungkapkan apresiasinya kepada pihak departemen IKM-IKK dalam rangka pelaksanaan pengabdian masyarakat di SMAN 21 Makassar untuk memberikan edukasi dan screening kesehatan gizi terhadap siswa.

“Kami berharap siswa-siswa SMAN 21 Makassar mendapatkan edukasi yang baik dalam memilih dan mengkonsumsi makanan yg sehat sehingga dapat menunjang masa depan mereka untuk tetap sehat dan berprestasi,” jelas Andi Ernawati

Kegiatan inti diawali dengan pengukuran status gizi dilakukan dengan mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar perut, terkanan darah, dan gula darah pada sekitar 400 siswa kelas X (sepuluh). Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan terkait “Nutrisi dan Status Gizi” dan “Nutri dan Penyakit” yang disampaikan pada masing-masing ruang kelas X yang terdiri dari 30-40 siswa perkelas.

“Kegiatan ini dilakukan mengingat adanya kecenderungan meningkatnya kasus hipertensi, obesitas, penyakit diabetes mellitus dan berbagai penyakit metabolik lainnya yang mulai terjadi pada usia cenderung lebih muda dibanding beberapa dekade sebelumnya. Sehingga dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan terlaksananya screening awal bagi siswa-siswa untuk semakin menjaga pola hidup sejak dini,” ungkap dr. Suryani Tawali

Sumber: linisiar.id
https://linisiar.id/departemen-ikm-ikk-fk-unhas-edukasi-literasi-gizi-di-sman-21-makassar/