Pengabdian Masyarakat yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) di Desa Pana, Kec. Alla, Kab. Enrekang diikuti oleh kurang lebih 50 orang yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Pada kegiatan ini, LPPM Unhas mengangkat tema konservasi air tanah dan penjernihan air organik, Minggu (31/07).

Tim ini diketuai oleh Dr. Muhammad Hamzah dan beberapa anggota, yakni Prof. Halmar Halide, Dr. Eng. Amiruddin, Dr. Sakka Pati, dan Dr. Hasniati. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Pana, Yusram Yunus. Dalam pidatonya, Yusram Yunus menjelaskan bahwa pembuatan embung merupakan salah satu program yang akan dilaksanakan untuk menyediakan air pada musim kemarau sehingga dapat mencega kekeringan.

Prof. Halmar Halide dan Dr. Muhammad Hamzah menjadi pemateri dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. “Penyuluhan dan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi masyarakat dalam melestarikan air tanah. Masayarakat mendapatkan kompetensi keilmuan dan keterampilan memaksimalkan penyerapan air dan penyimpanan air dalam tanah” jelas Dr. Muhammad Hamzah.

“Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen diwajibkan untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, serta mengemban moral dan sosial bagi masyarakat”, tambahnya.

Sumber: Matakita.co

https://matakita.co/2022/07/31/lp2m-unhas-gelar-pkm-konservasi-air-tanah-dan-penjernihan-air-berbahan-organik-di-desa-pana-enrekang/