Pusat Studi Kebencanaan LPPM bersama Departemen Geologi, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin melakukan kunjungan ke Singapura untuk membahas MoA kerjasama dengan Earth Observatory of Singapore (EOS), Asian School of the Environment, Nanyang Technological University Singapura, Senin (14/11).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Dr. Ir. Rustan Tarakka, ST., MT (Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi Fakultas Teknik), Dr. Eng. Hendra Pachri, ST., M. Eng. (Ketua Departemen Teknik Geologi), Ilham Alimuddin, ST, M.GIS., PhD (Kepala Pusat Studi Kebencanaan Unhas), dan Dr. Ulva Ria Irfan, ST., MT (Ketua Program Studi Doktor Teknologi Kebumian). Kunjugan ini diterima langsung oleh Direktur Earth Observatory of Singapore.

Dr. Eng. Hendra Pachri, ST., M. Eng selaku Ketua Departemen Teknik Geologi Unhas memimpin kunjungan tersebut. Kunjungan ini merupakan bentuk pelaksanaan dari Program Pengembangan Model Jejaring Kemitraan Internasional Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.

“Earth Observatory of Singapore (EOS) mempunyai misi untuk melakukan penelitian di sekitar Asia Tenggara seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan perubahan iklim, dengan harapan terbentuknya sistem masyarakat aman dan berkelanjutan,” jelasnya.

Pihak Earth Observatory of Singapore (EOS), Nanyang Technological University Singapura menyatakan bersedia untuk membangun Kolaborasi Riset bersama dengan Departemen Teknik Geologi dan Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin. Program ini juga mendukung Universitas Hasanuddin dalam pencapainnya menjadi World Class University (WCU).

“Prof.San-Ho Yun selaku Associate EOS, bersedia membangun kerjasama terkhusus di bidang remote sensing dan siap mendukung pemetaanya. Sehingga dengan adanya kolaborasi ini akan mengoptimalkan pengembangan Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin,” ujar Dr. Eng. Hendra Pachri.

Sumber : BugisPos.com

https://bugispos.com/2022/11/16/departemen-geologi-fakultas-teknik-dan-pusat-study-kebencanaan-unhas-gagas-ki-kerjasama-dengan-earth-observatory-of-singapore-eos/