Dalam rangka kegiatan Literasi Bencana dan Simulasi Tanggap Darurat yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Kebencanaan LPPM Unhas bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yang dilaksanakan di Masamba, Selasa (30/8)

Kegiatan yang di ikuti sebanyak 135 orang generasi muda dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan jajaran Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Lutra, dibuka oleh Bupati Luwu Utara Ibu Indah Putri Indriani yang juga turut serta membawakan materi tentang Manajemen kebencanaan.

Pada momen tersebut Bupati Luwu Utara menyampaikan bahwa generasi muda di Luwu Utara harus meningkatkan kapasitas lewat kegiatan Edukasi Literasi Bencana. Begitupun dengan Latihan Simulasi Tanggap Darurat yang merupakan usaha dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, ” jelas Ibu Indah.

Ketua Pusat Studi Kebencanaan LPPM Unhas Dr. Ilham Alimuddin, ST., M.GIS juga menyampaikan alasan mengapa kegiatan Edukasi Literasi Bencana dan Simulasi Tanggap Darurat yang dilaksanakan di Lutra ini penting karena berdasarkan hasil kajian mitigasi dan karakteristik bencana banjir bandang, wilayah Lutra memiliki potensi yang sangat destructive atau merusak.

“Dengan dilaksanakannya edukasi sebagai mitigasi kebencanaan ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi dalam melakukan penyusuanan Rencana Penanggulangan Bencana serta Kontijensi Plan dalam meningkatkan kapasitas Pemkab Lutra, “ jelas ketua PSB LPPM Unhas.

 

Sumber : Tribun-Timur.com
https://makassar.tribunnews.com/2022/08/30/siswa-sma-se-lutra-belajar-kebencanaan-dari-psb-lppm-unhas-dan-dmc-ikatek-unhas