Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D

Gedung LPPM UNHAS Lt.3, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar 90254

Website Official :

Telp / Fax : 082189519176/085395259741

E-mail : pphalalunhas@gmail.com

Pusat Pemeriksa Halal (PPH)

  • LATAR BELAKANG

Undang Undang Jaminan Halal No 33 Tahun 2014 yang didukung oleh PP No 31 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2019 tentang penyelenggara jaminan produk halal dan aturan yang mempersyaratkan semua pangan yang beredar di Indonesia sifatnya wajib bersertifikasi halal. Universitas Hasanuddin sebagai perguruan tinggi terbesar dikawasan Indonesia Timur sangat mendukung langkah pemerintah dalam hal menjamin semua produk pangan yang beredar di Indonesia. Hal ini sejalan dengan Universitas Hasanuddin sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi dan misi yaitu Pusat Unggulan Dalam Pengembangan Insani, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya Berbasis Benua Maritim Indonesia. Pendirian Lembaga Pemeriksa Halal di Universitas Hasanuddin merupakan salah satu upaya keterlibatan Universitas Hasanuddin dalam rangka mendukung pemerintah dalam menjamin pangan yang bersertifikasi halal.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 31 tahun 2019, Pasal 30 ayat 1 bahwa pemerintah dapat mendirikan LPH, lebih lanjut disebutkan pada pasal 31 ayat 1 bahwa LPH yang didirikan oleh pemerintah sebagaimana pada pasal 30 ayat 1 bahwa bahwa Perguruan tinggi dapat membentuk sebuah Lembaga Pemeriksa Halal. Lebih lanjut dalam pasal 31 ayat 3 dijelaskan bahwa LPH yang didirikan oleh perguruan tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat 1, merupakan bagian dari bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penamaan Lembaga Pemeriksa Halal di Universitas Hasanuddin merujuk kepada peraturan yang telah disepakati dalam internal Universitas Hasanuddin bahwa hanya ada dua lembaga di Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin mempunyai dua lembaga yaitu lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) dan lembaga penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan (LPMPP). Untuk itu, maka pendirian Lembaga Pemeriksa Halal di ubah menjadi Pusat Pemeriksa Halal sesuai dengan kesepakatan bersama tanpa mengurangi fungsi dan tugasnya sesuai Undang-Undang.

VISI

  • Menjadi Pusat Pemeriksa Halal yang unggul, handal, inovatif dan terpercaya dengan potensi sumber daya insani, ilmu penegtahuan, seni dan budaya berbasis Benua Maritime Indonesia.

MISI

  1. Menyelenggarakan pemeriksaan dan audit secara professional dalam menjalankan sistem jamiann halal Indonesia.
  2. Menggunakan system verifikasi dan pemeriksaan sistem jaminan halal dengan metode terpercaya berdasarkan syariah, serta sains dan teknologi terbaru.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain terkait dengan pemeriksaan sistem jaminan halal.
  4. Mendorong penngkatan peran para pihak untuk tercapainya pemeriksaan sistem jaminan halal yang efektif dan efisien.

PROFIL PUSAT PEMERIKSA HALAL (PPH)

Pusat Pemeriksa Halal Universitas Hasanuddin berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin berdasarkan SK nomor 4258/UN4.1/KEP/2019. Pembentukan Pusat Pemeriksa Halal Universitas Hasanuddin yang beranggotakan pengurus yaitu 1 orang ketua, 1 orang wakil ketua, 1 orang sekretaris, dan 1 orang adminstrasi, dan didukung oleh 12 orang tenaga sumber daya manusia pendukung lainnya. Keseluruhan anggota memiliki latar pendidikan sarjana dan guru besar berdasarkan SK Rektor Universitas Hasanuddin nomor 5022/UN4.1/KEP/2019. Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Hasanuddin berkantor di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Penamaan lembaga pemeriksa halal Universitas Hasanuddin secara internal adalah disebut sebagai Pusat Pemeriksa Halal Universitas Hasanuddin. Hal ini mengacu pada struktur kelembagaan yang ada di Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin sudah memiliki dua lembaga yaitu lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) dan lembaga penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan (LPMPP) sehingga pembentukan lembaga baru tidak memungkinkan membentuk kelembagaan baru berdasarkan nomenclature kelembagaan di Universitas Hasanuddin. Namun demikian penamaan Pusat Pemeriksa Halal di Universitas Hasanuddin ini tetap menjalankan tugas dan fungsi Lembaga pemeriksa Halal sesuai dengan Undang-Undang.

KEGIATAN
TAHUNMITRAKEGIATAN
2020Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)Pelatihan/Workshop Penyusunan Dokumen Pusat Pemeriksa Halal (PPH) Universitas Hasanuddin
2021Fakultas Peternakan, Fakultas MIPA, dan Faskultas Kesehatan MasyarakatRapat Kerjasama Fakultas dan Pusat Pemeriksa Halal (PPH) Dalam Bidang Laboratorium